9 Jenis Bunga yang Memiliki Manfaat Kesehatan

  Ternyata bunga memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Memang tidak semua jenis bunga berkhasiat saat dimakan, nyatanya sebagian bunga digunakan hanya untuk pengobatan dari luar. Tak hanya memberikan warna keindahan dan keharuman, bunga yang cantik juga dapat dijadikan obat untuk kesehatan tubuh kita. Sejak dahulu bunga telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati […]

Add To Cart

9 Jenis Bunga yang Memiliki Manfaat Kesehatan

00

  Ternyata bunga memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Memang tidak semua jenis bunga berkhasiat saat dimakan, nyatanya sebagian bunga digunakan hanya untuk pengobatan dari luar. Tak hanya memberikan warna keindahan dan keharuman, bunga yang cantik juga dapat dijadikan obat untuk kesehatan tubuh kita. Sejak dahulu bunga telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati berbagai macam penyakit. Seperti kembang telang yang berwarna biru, udara rendamannya bisa digunakan untuk menjernihkan mata, baik untuk para bayi dan orang dewasa. Berikut Adalah 9 Jenis Bunga Yang Memiliki Manfaat Kesehatan 1. Bunga Kembang Sepatu Bunga ini mengandung teraxeryl acetat, cyanidin diglucosid, hibisetin, zat pahit, dan lendir. Tak disangka, banyak orang meyakini bunga ini ampuh untuk mengobati TBC, batuk, demam malaria, gondongan, keputihan, melancarkan haid, mimisan, sariawan, dan radang usus. 2. Bunga Mawar Bunga mawar mungkin adalah bunga paling terkenal karena dianggap sebagai perlambang cinta. Namun selain kecantikan dan aromanya yang disukai banyak orang, bunga mawar juga digunakan untuk perawatan kulit seperti mengobati jerawat dan menghilangkan eksim. Bunga mawar juga digunakan untuk mengatasi haid yang tidak teratur dan mengatasi nyeri haid. 3. Bunga Melati Bunga melati adalah salah satu bunga yang sangat populer. Bunga melati sering dimanfaatkan untuk bahan minyak wangi, kosmetik dan juga untuk teh yang populer di kalangan orang Indonesia. Bunga melati juga memiliki berbagai manfaat diantaranya untuk mengobati sariawan, penurun demam, obat asma, penenang alami, dan mengobati bisul. 4. Bunga Matahari Bunga indah yang besar dan berwarna kuning terang ini ternyata tak hanya indah difoto, tapi juga menyehatkan jika dikonsumsi. Bunga ini mengandung quercimeritrin, helianthoside, Asam oleanolat, sam echinocystat, prostaglandin E, asam chlorogenic, asam quinat, dan lemak. Biasanya dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi, sakit kepala, sakit gigi, kanker lambung, nyeri lambung, nyeri payudara, dan nyeri pada saat haid. 5. Bunga Telang Bunga telang merupakan salah satu tanaman bunga yang sering ditemukan di hutan secara liat, maupun di pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Bungaber warna biru terang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya mengobati gangguan mata, cuci darah, obat batuk, membersihkan racun-racun di pencernaan, bahkan secara tradisional bunga ini juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang sering dialami oleh wanita yang sedang menstruasi. 6. Kembang Kantil Kembang kantil atau cempaka putih mempunyai aroma sangat harum dan merupakan bunga khas dari Jawa Tengah. Bunga ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat. Tidak hanya itu bunga cepaka putih atau kembang kantil ini juga bisa digunakan sebagai tanaman obat yang alami. Beberapa khasiatnya...

 

Ternyata bunga memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Memang tidak semua jenis bunga berkhasiat saat dimakan, nyatanya sebagian bunga digunakan hanya untuk pengobatan dari luar.

Tak hanya memberikan warna keindahan dan keharuman, bunga yang cantik juga dapat dijadikan obat untuk kesehatan tubuh kita.

Sejak dahulu bunga telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Seperti kembang telang yang berwarna biru, udara rendamannya bisa digunakan untuk menjernihkan mata, baik untuk para bayi dan orang dewasa.

Berikut Adalah 9 Jenis Bunga Yang Memiliki Manfaat Kesehatan

1. Bunga Kembang Sepatu

Bunga ini mengandung teraxeryl acetat, cyanidin diglucosid, hibisetin, zat pahit, dan lendir. Tak disangka, banyak orang meyakini bunga ini ampuh untuk mengobati TBC, batuk, demam malaria, gondongan, keputihan, melancarkan haid, mimisan, sariawan, dan radang usus.

2. Bunga Mawar

Bunga mawar mungkin adalah bunga paling terkenal karena dianggap sebagai perlambang cinta. Namun selain kecantikan dan aromanya yang disukai banyak orang, bunga mawar juga digunakan untuk perawatan kulit seperti mengobati jerawat dan menghilangkan eksim. Bunga mawar juga digunakan untuk mengatasi haid yang tidak teratur dan mengatasi nyeri haid.

3. Bunga Melati

Bunga melati adalah salah satu bunga yang sangat populer. Bunga melati sering dimanfaatkan untuk bahan minyak wangi, kosmetik dan juga untuk teh yang populer di kalangan orang Indonesia. Bunga melati juga memiliki berbagai manfaat diantaranya untuk mengobati sariawan, penurun demam, obat asma, penenang alami, dan mengobati bisul.

4. Bunga Matahari

Bunga indah yang besar dan berwarna kuning terang ini ternyata tak hanya indah difoto, tapi juga menyehatkan jika dikonsumsi. Bunga ini mengandung quercimeritrin, helianthoside, Asam oleanolat, sam echinocystat, prostaglandin E, asam chlorogenic, asam quinat, dan lemak. Biasanya dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi, sakit kepala, sakit gigi, kanker lambung, nyeri lambung, nyeri payudara, dan nyeri pada saat haid.

5. Bunga Telang

Bunga telang merupakan salah satu tanaman bunga yang sering ditemukan di hutan secara liat, maupun di pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Bungaber warna biru terang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya mengobati gangguan mata, cuci darah, obat batuk, membersihkan racun-racun di pencernaan, bahkan secara tradisional bunga ini juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang sering dialami oleh wanita yang sedang menstruasi.

6. Kembang Kantil

Kembang kantil atau cempaka putih mempunyai aroma sangat harum dan merupakan bunga khas dari Jawa Tengah. Bunga ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat. Tidak hanya itu bunga cepaka putih atau kembang kantil ini juga bisa digunakan sebagai tanaman obat yang alami. Beberapa khasiatnya adalah untuk mengatasi bau badan, mengobati vertigo, sinusitis, perut kembung, mengobati keputihan, dan batuk berdahak.

7. Bunga Alamanda

Bunga alamanda yang juga umum disebut sebagai bunga terompet memiliki warna kuning yang indah. Bunga alamanda diketahui memiliki manfaat kesehatan salah satunya sebagai laksatif, atau obat pencahar. Bunga ini juga umum digunakan sebagai obat untuk mencegah komplikasi dari penyakit malaria, dan mengobati pembengkakan limpa.

8. Bunga Rosella

Beberapa tahun belakangan ini, khasiat bunga rosella sedang menjadi buah bibir dikalangan pecinta pengobatan alternatif. Bunga rosella yang berasal dari wilayah Afrika kini sudah dikembang biakkan juga di banyak daerah. Beberapa manfaat kesehatan diantaranya sebagai anti-kanker, menjaga metabolisme, obat diabetes, dan banyak manfaat lainnya.

9. Bunga Lavender

Bunga ungu yang sangat terkenal ini memiliki kemampuan yang juga tak diragukan lagi untuk meredakan kecemasan dan mengurangi stres. Aroma bunga ini banyak digunakan untuk mengurangi sakit kepala, ketegangan, serta gangguan tidur. Lavender juga dapat dikonsumsi untuk membuat kulit lebih cantik dan bercahaya, selain itu juga sangat baik bagi penderita tekanan darah rendah.

 

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating